Pemprov Kaltim Tinjau Kesiapan Sarana Jelang HUT ke-79 RI

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melakukan pengecekan terhadap berbagai sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024. Langkah ini dilakukan untuk memastikan seluruh persiapan berjalan lancar dan sukses.

Beberapa lokasi yang menjadi fokus pengecekan meliputi asrama di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim, berbagai fasilitas di Stadion Palaran Samarinda seperti ruang kesehatan, ruang pers (media center), ruang konsumsi, ruang teknisi untuk live streaming, serta ruang tamu VIP. Pengecekan juga dilakukan di Hotel Fugo dan Bandara Temindung Samarinda.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim, M. Syirajuddin, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan rapat koordinasi terkait persiapan peringatan HUT ke-79 RI dengan berbagai perangkat daerah, termasuk unsur TNI, Polri, dan instansi vertikal lainnya di Kantor Gubernur Kaltim beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, persiapan sudah mencapai 80 persen. Kami telah mengecek langsung di lapangan,” ujar M. Syirajuddin saat melakukan pengecekan di Stadion Palaran, Samarinda, Senin (12/8/2024).

Adapun rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI di Kaltim akan diawali dengan gladi kotor dan gladi bersih pada tanggal 15 Agustus 2024 di Stadion Palaran. Stadion ini dipilih sebagai lokasi kegiatan HUT ke-79 RI karena GOR Kadrie Oening, Sempaja, yang biasanya digunakan, sedang difokuskan untuk kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tahun 2024.

Pengecekan juga dilakukan terhadap fasilitas lain di Stadion Palaran, seperti ruang transit untuk kedatangan para kepala daerah dan pejabat, serta ruang teknis untuk tim live streaming yang akan menayangkan upacara secara langsung dari Ibu Kota Nusantara.

Pemprov Kaltim juga memastikan kesiapan anggota Paskibraka melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim. Para anggota Paskibraka akan ditempatkan di asrama BPSDM Kaltim, dengan sarana pendukung yang sudah dipastikan dalam kondisi baik.

Sebagai langkah antisipasi, jika cuaca tidak mendukung atau terjadi hujan, upacara akan dipindahkan ke lokasi indoor yang telah disiapkan oleh UPTD Dispora Kaltim.

Rangkaian peringatan HUT ke-79 RI di Kaltim juga akan mencakup Malam Renungan Suci dan Penghormatan bagi para arwah pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Samarinda.

Selain itu, akan ada penyerahan anugerah tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah mengabdi selama 10, 20 atau 30 tahun. (*/red)

Tinggalkan Komentar