Bankeu Pemprov Kaltim di PPU Bantu Bangun Jaringan Distribusi Air Bersih

Pemprov Kaltim memberikan bantuan jaringan distribusi air bersih. Melalui program bantuan keuangan (bankeu) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Sebagai bentuk percepatan pembangunan di daerah.

Kabupaten di wilayah selatan dengan sebutan Benuo Taka ini, menerima alokasi Bankeu Pemprov Kaltim sebesar Rp 74,7 miliar untuk tahun anggaran 2024. 

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Kabag Adbang) Sekretariat Kabupaten (Setkab) PPU, Iwan Kadir Yatim menyebut, bankeu Pemprov Kaltim banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas layanan dasar kepada masyarakat. 

Terutama untuk pembangunan jaringan air bersih dan akses jalan yang menghubungkan konektivitas antar wilayah. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Kaltim atas alokasi bankeu yang diberikan kepada PPU. Berdasarkan sub kegiatan yang kami kerjakan dari sumber dana bankeu ini, sangat bermanfaat terhadap pembangunan infrastruktur untuk pemenuhan layanan dasar kepada masyarakat,” ujar Iwan Kadir Yatim saat ditemui usai mengikuti Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (Radalok) Bankeu Triwulan II/2024 di Balikpapan, Sabtu (31/8/2024). 

Bankeu non spesifik di Kabupaten PPU dialokasikan untuk pembangunan jaringan distribusi air bersih interkoneksi di Kecamatan Babulu, Waru, dan Penajam.

Selain itu, dana bankeu non spesifik juga digunakan untuk kegiatan peningkatan jalan, pembangunan drainase, pembangunan saluran pembuang dan rekonstruksi prasarana sekolah. 

Sementara bantuan keuangan spesifik disalurkan kepada penyuluh pertanian, pengawasan inspektorat daerah, bankeu dana desa, pelatihan dan sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi, serta bantuan di sektor kesehatan dan penanganan stunting. (KRV/pt/portalkaltim)

Tinggalkan Komentar