Masyarakat Serbu Operasi Pasar Murah, Akan Dilakukan di Lima Titik

Operasi pasar murah

Masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi Operasi Pasar Murah DInas Perdagangan Samarinda di Pasar Segiri.  

Masyarakat rela mengantre membeli beras bantuan dari Pemkot Samarinda. Terlihat, dari segala usia mulai dari orang tua hingga remaja tak mau ketinggalan untuk mendapatkan beras yang dibanderol harga murah ini.

Terlebih, harga beras di pasaran saat ini sedang mengalami kenaikan. Pembagian beras ini dengan menggunakan voucher. Untuk satu orang membawa dua voucher yang dapat ditukarkan dengan 2 karung beras senilai 5 kilo.

Dinas Perdagangan Samarinda telah menyediakan 20 ton beras medium untuk dijual murah dengan harga Rp10.250 per kilo dan Rp51.250 per 5 kilonya.

Seorang warga dari Jalan Anggur Kota Samarinda, Rusmini (55) mengungkapkan bahwa dirinya telah mengantre sejak pukul 7 pagi.

“Tahunya di radio kalau bakal ada pasar murah hari ini. Jadi saya langsung kesini berangkat,” ungkapnya, Rabu (28/2/2024).

Dengan adanya pasar murah ini, Rusmini mengaku terbantu. Apalagi saat ini harga beras di pasaran melambung naik, sehingga membuat masyarakat merasa kesusahan untuk membeli beras yang menjadi kebutuhan pokok mereka tersebut.

“Alhamdulillah sangat sangat terbantu kalau bisa sering sering begini sebulan sekali atau tiga bulan sekali karena kita juga orang gak mampu,” ucapnya.

Untuk di pasaran sendiri, kata dia, harga beras sudah mencapai Rp140 ribu hingga Rp170 ribu per 5 kilonya. “Di sini lima kilo Rp51.250. Kalau di pasaran sendiri beras jempolnya Rp170 ribu per karungnya yang polesan. Kalau enggak polesan Rp140 ribu tapi hitam berasnya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Samarinda, Marnabas mengatakan operasi pasar murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan beras dengan harga terjangkau di tengah kenaikan harga bahan pokok.

“Hari ini kita ada 20 ton, dibagikan kepada 2.000 orang. Beras premiumnya harganya Rp 51.250 per 10 kg,” ungkap Marnabas.

Operasi pasar murah ini sudah dilakukan di lima lokasi, yaitu di Harapan Baru, Merdeka, Sungai Dama, Lempake, dan Pasar Segiri yang saat ini tengah dilakukan.

“Beberapa hari lagi saya akan ke Sambutan, keliling Samarinda. Tapi hari ini mohon maaf ada miskomunikasi jadi terjadi antrean,” ujarnya.

Marnabas memastikan stok beras di Samarinda aman hingga Ramadhan. Tersedia 2 juta kilo beras di gudang Bulog. “Tanggal 25 dan 26 ada 259 ton kita drop ke kelurahan untuk bantuan gratis CPP. Jika memungkinkan setelah ke kelurahan kita drop lagi beras ke sana,” terangnya.

Marnabas menambahkan operasi pasar murah ini, akan terus dilakukan untuk menjaga stabilitas harga beras di Samarinda. (dmy/nus)

Tinggalkan Komentar