OLAHRAGA+

Kumpulan Berita Borneo Vs Dewa United; Pesut Etam Bertekad Pertahankan Tren Positif

DEWA UNITED BORNEO FC
Pelatih Borneo FC Milomir Seslija. (MO/BFCS)

Borneo FC Samarinda akan meladeni tamunya Dewa United di pekan keenam BRI Liga 1, Selasa 23 Agustus 2023 di Stadion Segiri. Kami merangkum berita menarik tentang laga ini.

Dewa United bukan hanya punya pertahanan kokoh. Tapi mereka juga tim yang sulit dikalahkan saat melakoni laga tandang. Menyambut tamu sulitnya kali ini, Borneo FC Samarinda akan memberi kejutan. Wuiih!

Pelatih Borneo FC Samarinda Milomir Seslija bilang Dewa United adalah tim yang menarik. Faktanya, ucapan Milo memang benar adanya.

Dewa United mengawali debut Liga 1 di Solo. Langsung bertindak sebagai tim tamu. Dan memenangkan pertandingan pertama mereka dari sesama tim promosi, Persis.

Sebagai anak kemarin sore di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air. Mental tandang Dias Angga cs tak bisa disepelekan. Meski catatan tandang mereka tergolong minor. Yakni sekali menang dan dua kali kalah.

Tapi dua kekalahan itu, masing-masing berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Persita dan Madura United. Artinya apa? Dewa United bukan tim yang mudah dikalahkan. Bahkan Madura yang berstatus pemuncak klasemen sekaligus tim dengan produktivitas gol tertinggi saja. Susah payah mengalahkan anak asuh Nil Maizar.

Selain itu, pertahanan Dewa United mendadak kokoh di 3 pertandingan terakhir. Usai kebobolan 5 gol di dua laga perdana. Tim asal Banten itu hanya kebobolan dua kali saja dari 3 laga teranyar. Dengan rasio kebobolan 1 gol tiap 135 menit. Maka tim manapun yang akan jadi lawan mereka. Harus memaksimalkan 90 menit yang tersedia dengan baik.

Deretan fakta inilah, yang menguatkan asumsi bahwa Dewa United adalah tim yang menarik. Maka dipastikan, pertandingan di Stadion Segiri, Selasa (23/8/2) petang akan jadi pertandingan yang menarik pula. Kenapa?

Karena Borneo FC, punya catatan mentereng saat mereka bertindak sebagai tuan rumah. Dari tiga pertandingan di Segiri, Pesut Etam mendapat 9 poin, 9 kali mencetak gol, dan hanya dua kali kebobolan. Dewa United yang kuat di pertahanan dan sulit dikalahkan di laga tandang. Akan ditantang Borneo FC yang beringas di lini depan dan belum terkalahkan di kandang.

Menyadari kekuatan Dewa United. Terutama soal pertahanan dan mental tandang mereka. Milomir Seslija sudah menyiapkan strategi khusus. Alih-alih akan mendapatkan masalah. Milo berjanji akan lebih dulu memberi masalah pada pertahanan Dewa United.

“Semua orang (tim) yang datang ke sini pasti bertahan. Dan kami akan mencari cara lain bagaimana kami akan membangun (serangan), mengatur (ritme), dan memberi kejutan untuk mereka.”

“Hari ini kami akan melakukannya (simulasi taktik) di latihan dan akan mencobanya untuk (pertandingan) besok malam,” ujar Milo, Senin (22/8/22).

“Saya tidak bisa mengatakan (strategi) ini pada kalian. Yang jelas, kami harus menunjukkan passion dan bermain lebih baik dari laga terakhir kami melawan Persebaya. Dan semoga kami bisa menang,” ucapnya.

Bukan Waktunya Keluhkan Jadwal Padat

Periode Agustus memang berat bagi semua tim BRI Liga 1. Termasuk bagi Borneo FC Samarinda, mereka mesti menjalani 3 laga dalam waktu 10 hari. Tapi bagi Milomir Seslija, penting memastikan timnya fokus pada setiap laga ketimbang mengeluhkan jadwal padat ini.

Ada dua faktor kenapa Milomir ingin pemainnya fokus pada pertandingan di periode sibuk ini. Pertama, karena Borneo FC sedang dalam tren positif. Kedua, karena 3 laga dalam 10 hari itu. Kesemuanya dimainkan di kandang. Pantang baginya mengecewakan suporter yang memadati Stadion Segiri hanya demi menyaksikan mereka bertanding.

Terdekat, Borneo FC akan menghadapi Dewa United. Tim promosi yang langsung tampil menyengat di musim debutnya.

“Ini adalah jadwal yang padat. Tapi kami harus terus berjalan.”

“Mereka sudah datang ke sini dan mereka adalah tim yang menarik.”

“Dewa United mencetak banyak gol. Secara fisik tim yang bagus. Dan bertahan dengan bagus serta terorganisir saat menyerang.”

“Mereka memberi banyak masalah pada Madura United dan kami telah mempelajari banyak dari laga itu.”

“Kami tentu harus lebih baik dari laga terakhir melawan Persebaya. Kami bermain di rumah. Dan kami harus menunjukkan pertahanan dan mentalitas kami untuk menang di rumah.”

“Saya percaya pada pemain saya. Percaya dengan kualitas dan karakter mereka.”

“Ini yang harus kami lakukan di sini. Kami harus serius dan memberi energi penuh. Berhasrat untuk menang dengan semangat berjuang karena kami bermain di rumah,” urai Milomir Seslija, Senin (22/8/22).

Selain bermodal tren positif, Borneo FC Samarinda merasa percaya diri karena seluruh pemain dalam kondisi fit. Kecuali Angga dan Sultan Samma yang masih dalam masa pemulihan.

Proses pemulihan stamina (recovery) kata Milo juga berlangsung lancar tanpa kendala. Maka tak ada alasan bagi timnya untuk tidak menang dari Dewa United.

“Kami tidak punya masalah tentang itu. Jika ada masalah, maka dokter akan menanganinya. Sejauh ini tidak ada masalah,” tegasnya.

Makin Dipercaya Suporter

Makin ke sini, jumlah pendukung Borneo FC Samarinda yang datang ke Stadion Segiri kian banyak. Javlon Guseynov bilang, timnya pantas mendapat kepercayaan itu. Sebaliknya, para pemain akan membalas kepercayaan dari pendukung dengan 3 poin sebanyak mungkin.

Peningkatan penonton laga kandang Borneo FC Samarinda memang sangat signifikan. Dari 2.166 penonton di laga perdana. Meningkat jadi 4.952 penonton di laga lawan Persib.

Di laga kontra Persebaya, jumlahnya meningkat lagi jadi 8.323 orang. Memang, tidak semua yang hadir untuk mendukung Borneo FC. Namun bisa diasumsikan pendukung tim tamu maksimal seribu orang.

Ini menandakan, kepercayaan pendukung Borneo FC pada Pesut Etam semakin meningkat seiring Liga 1 berjalan. Wakil kapten Javlon Guseynov bilang. Dengan kerja keras pemain serta rangkaian hasil positif belakangan. Sepantasnya pendukung memberi kepercayaan pada mereka.

“Iya harus percaya. Harus percaya. Kami perlu mereka. Kami perlu suporter.”

“Dan kami bermain untuk mereka. Jadi Insyaallah kalau besok mereka datang. Kami akan membuat hasil terbaik untuk mereka,” ujar Javlon dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata, Senin (22/8/22).

Mengenai laga melawan Dewa United. Javlon memastikan dia dan rekan-rekannya dalam kondisi siap tempur.

“Alhamdulillah semua pemain sehat dan kondisi bagus. Insyaallah kita akan berusaha untuk dapat hasil yang terbaik, 3 poin.”

“Besok kita bermain di rumah kita. Insyaallah semua pemain akan berusaha mendapat 3 poin,” tuntasnya.

Dewa United kini menempati posisi ke-11 di klasemen sementara dengan raihan 6 poin dari 5 pertandingan. Sementara Borneo FC Samarinda sedang berada di posisi ketiga. Memiliki 12 poin dari 5 pertandingan, mereka berselisih 1 poin dari tim peringkat pertama dan kedua (MU dan PSM).

Pertemuan Borneo FC kontra Dewa United untuk pertama kalinya akan dihelat pada pekan keenam BRI Liga 1 musim 2022. Yang berlangsung di Stadion Segiri, Selasa 23 Agustus 2022, kick-off pukul 19.15 Wita. (DRA)

Comments

POPULER

To Top