OLAHRAGA+

Thomas Doll: Liga 1 Tanpa Penonton? Kaya Latihan Saja

thomas doll
Pelatih Persija Thomas Doll berharap Liga 1 tetap digelar normal. (NET)

Pelatih Persija Thomas Doll punya harapan. Bahwa isu yang menyebut lanjutan BRI Liga 1 akan digelar dengan penonton yang terbatas tidak menjadi kenyataan.

Belum lama ini, beredar isu dari seorang anggota Exco PSSI. Bahwa Liga 1 akan dilanjutkan dengan jumlah penonton yang terbatas.

Jika dirasa sudah kondusif, barulah suporter bisa datang ke stadion tanpa batasan seperti sedia kala.

Thomas Doll kemudian buka suara. Menurutnya, aneh jika kompetisi sepak bola tidak dihadiri langsung oleh suporter di stadion.

“Sepak bola tanpa suporter, menurut saya, akan berbeda, seperti pertandingan latihan. Tidak ada emosi yang dirasakan pemain dan tim jika suporter hanya menonton lewat televisi,” kata Thomas, diunggah di laman Persija, Jumat.

Thomas bilang, pengalaman sepak bola tanpa penonton. Saat pandemi lalu. Betul-betul tidak nyaman. Dan idealnya, hal itu tidak terulang saat ini.

Meski tak mendukung wacana pengurangan penonton di stadion. Bukan berarti Doll abai pada aspek keamanan. Bagaimanapun, Tragedi Kanjuruhan berpeluang terjadi di stadion lain. Jika sistem pengamanan pertandingan tidak dibenahi.

“Kita harus memperbaiki sistem keamanan menjadi lebih bagus, agar semua penonton di stadion aman, sehat dan pulang ke rumah dengan selamat,” kata Thomas Doll menjelaskan.

Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 dihentikan sejak 2 Oktober karena terjadinya tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan.

Kompetisi tersebut, ditambah Liga 2 dan Liga 3, rencananya akan kembali bergulir akhir November atau setelah Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia menelurkan aturan baru terkait keamanan dan keselamatan di stadion.

Gugus tugas itu beranggotakan perwakilan dari FIFA, AFC, PSSI, Pemerintah Indonesia dan Polri.

Adapun Persija Jakarta saat ini berada di posisi keenam klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan 21 poin dari 10 laga.

Persija sejatinya berpeluang menutup pekan kesebelas dengan menduduki pucuk klasemen. Andai bisa menang dengan skor berapapun di El Clasico Indonesia, kontra Persib Bandung. Untuk saat ini, Borneo FC Samarinda masih mengambil alih puncak klasemen. (Ava)

Comments

POPULER

To Top