PERISTIWA+

Rakernas APPSI Berlangsung di Kaltim, Bahas Dukungan IKN, DBH hingga Soal Honorer

Gubernur Kaltim Isran Noor (Dok. IST)

Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan pada 23-24 Februari 2023.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor selaku Ketua Umum APPSI mengungkapkan ada dua topik menarik yang akan dibahas dalam Rakernas APPSI, yaitu dana bagi hasil dan tenaga honorer.

“Kedua topik bahasan tersebut merupakan sebuah aspirasi, usulan dan muncul masalah itu di seluruh daerah di Indonesia,” kata Gubernur Isran Noor baru-baru ini.

Pertama, terkait pendapatan daerah melalui dana bagi hasil, Gubernur Isran menjelaskan alokasi jumlahnya yang diberikan pusat ke daerah belum memadai, sehingga menjadi kendala untuk mendukung penyelanggaraan pembangunan di daerah.

Padahal, sebutnya, tugas-tugas pembangunan lebih banyak di daerah daripada di pusat.

“Anggaran APBN 70 persen di kelola pusat, sisanya 30 persen dibagikan ke daerah. Sementara sektor-sektor pelaksanaan pembangunan itu lebih banyak ada di daerah, sedangkan pusat hanya mengelola lima atau sebutlah lah enam sektor. Ini yang kota perjuangkan bersama teman-teman gubernur dan pemerintah provinsi seluruh Indonesia,” jelasnya.

“Kita harus optimis. Namanya berjuang itu tidak boleh putus asa. Upaya kita ini memperjuangkan untuk rakyat,” tegasnya.

Topik kedua, yaitu tenaga honorer, Gubernur Isran Noor mengatakan bahwa masalah tenaga honorer yang akan dihilangkan menjadi bagian yang disuarakan oleh kawan-kawan kepala daerah, seperti gubernur, bahkan bupati dan wali kota.

“Kenapa tenaga honorer itu belum saatnya dihilangkan karena negara masih memerlukan, daerah-daerah masih membutuhkan. Seperti di sektor pendidikan, sektor kesehatan. Belum saathya kita menghapus. Dan itu juga yang akan kita perjuangkan di rakernas ini,” ungkapnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPP Perhiptani) ini menyebut saat ini sudah bekerja sama dan berkoordinasi yang dimotori oleh Kemenpan RB bersama Ketua APPSI, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Apkasi.

“Kita sudah merumuskan ada beberapa pilihan yang akan disepakati dan ini akan disampaikan kepada pihak parlemen DPR RI,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, yang terpenting dalam Rakernas APPSI ini para gubernur dan pemerintah provinsi seluruh Indonesia sepakat untuk tetap memberikan dukungan penuh dalam rangka pembangunan ibu kota negara.

“Ibu Kota Nusantara itu adalah sebuah titik yang penting dalam membangun sebuah peradaban yang besar bagi bangsa Indonesia. Jadi semua harus di dukung sepenuhnya, apalagi ini atas inisiatif, dorongan dan muncul dari pemikiran Presiden Joko Widodo dan sudah diundangkan oleh DPR RI,” pungkas Gubernur Isran Noor. (red)

Comments

POPULER

To Top