IPTEK+

Satelit Internet Pertama Milik RI Mengangkasa, Layani Internet Daerah 3T

satelit internet pertama indonesia meluncur ke angkasa
Roket Falcon 9 meluncur ke angkasa membawa satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) dari Cape Canaveral Space Launch Complex SLC 40, Florida, AS, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Livia Kristianti/aa.

Satelit internet pertama milik Pemerintah Republik Indonesia, Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) sukses meluncur ke angkasa, Minggu (18/6/2023).  

Peluncuran dilakukan dari Cape Canaveral Space Lauch Complex 40 (SLC 40), Florida, Amerika Serikat, pada pukul 18.21 waktu setempat.  

Waktu ini mundur sekitar 15 menit dari jadwal aslinya yang disiapkan mulai 18.04 waktu setempat.

Peluncuran roket ini terbilang cukup singkat sekitar 10 menit. Terdiri dari dua tahapan dan untuk tahapan pertama telah selesai pada 18.30.Untuk tahapan kedua, saat ini roket masih berada di angkasa untuk melepaskan SATRIA-1.

Setelah berhasil meluncur, nantinya satelit yang disiapkan untuk menghadirkan internet bagi masyarakat Indonesia di wilayah terdepan, tertinggal, terluar (3T) itu akan mengisi orbit di 146 Bujur Timur (BT).

SATRIA-1 merupakan satelit internet pertama yang dimiliki Pemerintah Indonesia dan disiapkan untuk fasilitas-fasilitas publik di wilayah terdepan, tertinggal, terluar (3T).

Berdasarkan studi terbaru BAKTI Kemenkominfo pada 2023, SATRIA-1 dengan kapasitas 150 Gbps akan menghadirkan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik.

Kecepatan internet di setiap titik layanan publik itu diproyeksikan mencapai 4 Mbps, kecepatan tersebut naik dari perhitungan awal di 2018 saat proyek SATRIA-1 dirintis yang mengusung kecepatan 1 Mbps untuk setiap titiknya. (Antara/nus)

Comments

POPULER

To Top