PARIWARA+

Gerakan Siaga Arsip, Cara DPK Kaltim Antisipasi Bencana Kehilangan Arsip Keluarga

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim memprogram gerakan siaga arsip. Yaitu gerakan selamatkan informasi arsip keluarga (Siaga) Arsip.

Program tersebut telah diluncurkan sejak tahun 2022 lalu. Tepatnya pada 22 Agustus 2023. Yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bersama Kepala DPK Kaltim Syafranuddin. Yang digagas oleh DPK Kaltim.

Menurut Kepala DKP Kaltim Syafranuddin, Gerakan Siaga Arsip merupakan langkah konkrit sekaligus upaya pemerintah melindungi dokumen penting warganya.

“Gerakan Siaga Arsip ini langkah nyata kita mengamankan dokumen penting warga dampak terjadi bencana,” ungkap Ivan, biasa Syafranuddin disapa.

Hingga saat ini DPK terus berkomitmen menjalankan program tersebut hingga seterusnya. Untuk diketahui oleh masyarakat.

Karena program ini mendukung terhindarnya warga masyarakat kehilangan arsipnya saat terjadi bencana. Seperti banjir dan musibah longsor. Yang menyebabkan arsip musna.

“Melalui Siaga Arsip inilah kita bantu warga mengamankan dokumen penting mereka. Silakan masyarakat menyimpan data atau dokumen penting keluarganya,” ujarnya.

Dari program ini, warga bisa menyerahkan dokumennya, tidak perlu aslinya yang disimpan, tetapi petugas kearsipan akan melakukan scanner dokumen untuk disimpan.

“Jadi yang kami simpan bukan data atau dokumen aslinya, tapi dalam bentuk scanner dan sewaktu-waktu diperlukan pihak keluarga, maka akan kita berikan dalam bentuk print out. Sedangkan dokumen scannernya kita simpan kembali,” beber mantan Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim ini.

“Di program Siaga Arsip, pihak keluarga atau ahli warisnya cukup menunjukkan dokumen asli, maka petugas langsung membuka file data mereka diprogram,”

Program Gerakan Siaga Arsip ini diharapkan menjadi bagian upaya tertib arsip secara umum bagi masyarakat. (adv/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Comments

POPULER

To Top