Kurangi Antrean Kendaraan, Pemkot Balikpapan Minta Pertamina Tambah SPBU

Pemerintah Kota Balikpapan meminta keseriusan Pertamina menambah jumlah SPBU sebagai langkah untuk mengantisipasi masalah antrian kendaraan mengisi BBM.

Karena Kota Balikpapan yang dijuluki sebagai Kota Minyak, karena ada Kilang Minyak Pertamina terbesar di Kawasan Indonesia bagian Timur dengan kapasitas produksi 260 ribu barel per hari dan akan ditingkatkan menjadi 360 ribu barel per hari.

Namun demikian di Kota Balikpapan terdapat persoalan antrian kendaraan pengisian BBM di beberapa SPBU terutama di SPBU yang menyediakan BBM subsidi.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, secara umum Masyarakat yang antri di SPBU bukan karena faktor panic buying, karena jumlah kuota BBM untuk Kota Balikpapan masih relatif cukup.

Persoalan antrian pengisian BBM pada SPBU lebih disebabkan karena outlet penyaluran BBM di Kota
Balikpapan yang masih sangat kurang.

“Sebagai perbandingan Kota Samarinda memiliki 34 unit SPBU, sementara Kota Balikpapan hanya memiliki 14 unit SPBU dengan kebutuhan BBM yang relatif sama,” katanya kepada wartawan, Kamis (5/9/2024).

Oleh karena itu, lanjutnya, pada rapat koordinasi Pemkot dengan Pertamina Patra Niaga pada tanggal 19 Desember 2023 lalu, Pemkot meminta agar Pertamina mengupayakan secara serius penambahan unit SPBU di Kota Balikpapan.

“Permintaan tersebut disampaikan secara tertulis dengan Surat Wali Kota yang ditujukan kepada Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) tertanggal 29 Januari 2024, agar pertamina berkenan melakukan penambahan beberapa unit SPBU/Pertashop di Kota Balikpapan, yang investasinya langsung dan dikelola oleh PT. Pertamina (Persero), minimal 15 unit SPBU baru untuk penambahan pada tahap pertama,” ujarnya.

Langkah ini perlu dilakukan, mengingat penambahan SPBU atau Pertashop dari investasi swasta/masyarakat sangat berjalan lambat dan kurang diminati.

Berdasarkan permintaan Pemkot tersebut, maka Pertamina telah membangun 1 unit SPBU Modular di Lapangan Merdeka dan akan segera menambah 4 unit SPBU Modular di Jalan Beje Beje, Gunung Pipa, Karang Jati dan Manggar Baru, 4 unit SPBU di Jln AMD Gunung Bahagia, Jalan Beje-Beje, Jalan Sudirman Prapatan dan Manggar, serta membangun 5 unit Pertashop di Manggar, Jln. Soeprapto, Lamaru, Manggar Baru, dan di Sepinggan Baru.

‘Semoga dengan pertambahan 5 unit SPBU Modular, 4 unit SPBU dan 5 unit Pertashop oleh PT. Pertamina (Persero) tersebut diatas, akan segera dapat mengatasi antrian panjang kendaraan pengisian BBM di SPBU,” terangnya. (kf/red)

Tinggalkan Komentar