50 Stan Unjuk Produk Unggulan di Expo BUMDes 2024

expo bumdes
Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni usai membuka Expo BUMDes 2024 di atrium BigMall Samarinda. (ist)

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur unjuk produk unggulan pada Expo BUMDes Tahun 2024.

Pameran produk unggulan ini digelar selama tiga hari pada 11-13 Oktober 2024 di Atrium Big Mall Samarinda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni mengapresiasi kegiatan Expo BUMDes garapan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD).

Ia menilai, BUMDes memiliki peran vital dalam membangun perekonomian desa. Dengan peran strategis itu, BUMDes di setiap desa yang ada di Kaltim diharapkan mampu meningkatkan peforma bisnis untuk meningkatkan pendapatan. Muaranya, tentu akan menyejahterakan masyarakat desa.

“Kita berharap dari event Expo BUMDes hari ini, bapak-ibu bisa menyapa masyarakat Kaltim dan menjajaki sektor usaha lain yang potensial dikembangkan di desa,” kata Sekda Sri saat membuka Expo BUMDes 2024 di Atrium Big Mall Samarinda, Jumat (11/10/2024) sore.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPD Kaltim Puguh Harjanto mengungkapkan, Expo BUMDes 2024 menghadirkan 50 stan pameran yang menyajikan produk unggulan dari UMKM dan BUMDes kabupaten/kota se-Kalimantan Timur.

Dari kegiatan ini, para pelaku UMKM dan pegiat BUMDes dapat menjalin jejaring kolaborasi untuk saling mendukung dunia usaha di lingkup desa. Sebab menurutnya, pembangunan dan kemajuan desa tak terlepas dari peran badan usaha.

“Kreativitas dan inovasi yang dilakukan di BUMDes akan berdampak pada kemajuan desa,” tuturnya.

Kegiatan Expo BUMDes juga dirangkai dengan Penghargaan Anugerah Desa Membangun Tahun 2024.

Dengan beberapa kategori di antaranya BUMDes Terbaik, Lomba Desa/Kelurahan, Video Potensi Desa, Lomba Posyandu, Posyantek, Penanganan Stunting, Desa Digital, Produk Olahan Desa, dan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG). (krv/pt/nus) Sumber: Portal Kaltim

Tinggalkan Komentar