Petani, Nelayan Diminta Manfaatkan Program KKI

PETANI NELAYAN

Petani, nelayan, dan pembudidaya ikan di Kukar diminta memanfaatkan program Kredit Kukar Idaman (KKI). “Jangan melakukan pinjaman kepada rentenir,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah, Senin (16/10/2023).

Bupati meminta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan Kelompok Wanita Tani di Kukar untuk menyampaikan program KKI kepada masyarakat.

Edi menjelaskan, program KKI dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Bahkan, kata dia, petani hutan melalui kegiatan perhutanan sosial pun bisa dapat permodalan.

“Jadi semua boleh mengakses meminjam kredit ini untuk permodalan, bunganya 0 persen,” ucapnya.

Bupati menyebut masyarakat tidak dikenakan bunga dalam pinjaman kredit ini. “Petani, nelayan, dan pembudidaya ikan hanya mengembalikan pokoknya saja,” tegas Edi.

Ia mengungkapkan, Bank Kaltimtara telah menyediakan anggaran pinjaman hingga 50 juta kepada masyarakat. Petani, nelayan, dan pembudidaya ikan dapat mengangsur pinjaman tersebut sesuai musim panen.

“Sesuai analisis, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan. Pembayarannya dengan pola setiap panen, setiap produksi,” pungkasnya. (jek/nus)

ADVERTORIAL DISKOMINFO KUTAI KARTANEGARA

Tinggalkan Komentar