Hasanuddin Mas’ud: UMKM Memicu Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Menuju UMKM Kompetitif.

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud dukungan maksimal harus diberikan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar memicu pertumbuhan ekonomi kerakyatan.  

Hal ini ia sampaikan saat membuka sosialisasi dan edukasi menuju UMKM kompetitif di Aula Kecamatan Balikpapan Selatan, Selasa (7/11/2023).

Hasanuddin menyebutkan dukungan terhadap UMKM agar maju dan berkembang pertama harus ditopang dengan pemberian modal. “Dengan adanya modal pelaku UMKM dapat mengaplikasikan perencanaan yang matang guna mengembang usahanya,” tuturnya.

Dukungan selanjutnya pemberian kemudahan dalam perizinan sehingga memudahkan dalam mengakses berbagai program yang telah pemerintah siapkan bagi UMKM. “Kalau resmi dan telah terdaftar kan mudah saat ada program bantuan, apakah berupa pelatihan atau lainnya,” ucapnya.

Selain itu, hal yang juga mesti diperhatikan adalah kualitas produk yang dihasilkan harus unggulan. Pasalnya, era revolusi industri memberikan ruang besar kepada pelaku usaha baik dalam maupun luar negeri untuk masuk dan bersaing secara terbuka.

Oleh sebab itu, tanpa kualitas produk yang unggul maka secara otomatis akan kalah saing dengan produk dari luar. “Ini yang harus menjadi perhatian. Ya karna itu pemerintah kami minta untuk pro aktif mendampingi UMKM karena ini juga untuk perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (jek/nus)

ADVERTORIAL DPRD KALTIM

Tinggalkan Komentar