LOKAL+

Bank Sampah Bisa Jadi Cara Tanamkan Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini

Bank Sampah disebut bisa menjadi salah satu cara untuk menanamkan hidup bersih dan sehat sejak dini kepada anak-anak.

Hal tersebut menjadi ide saat Rapat Forum Komunikasi Bank Sampah Se-Kaltim dengan tema “Pilah dan olah sampah dari rumah untuk mendukung sirkular ekonomi bersama bank sampah mewujudkan Kaltim Bersih Sampah 2025” di Hotel Mercure Samarinda pada Rabu (31/8/2022).

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi yang membuka kegiatan itu mengatakan, masyarakat Kaltim harus terus diedukasi terkait pola hidup bersih dan sehat. Melalui pendidikan kepada anak sejak dini.

“Ke depannya saya harap dapat bekerja sama dengan kabupaten kota dan Dinas Pendidikan di Kaltim agar dapat menanamkan hidup bersih dari anak-anak dan saya berharap Kaltim bisa sehat bersih terutama juga di perkantoran dan sekolah-sekolah tanpa mengeluarkan biaya yang besar,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim EA Rafiddin Rizal siap menyambut tantangan dari wagub tersebut.

Menurutnya, kebijakan itu telah tertuang dalam Pergub Kaltim No. 7/2020 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

“Dilaksanakannya acara ini juga merupakan salah satu apresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengenai bank sampah,” kata Rizal.  

Acara juga dihadiri DLH kabupaten/kota se-Kaltim, Forum Komunikasi Bank Sampah se-Kaltim periode tahun 2021-2024. (*)

Comments

POPULER

To Top