LOKAL+

Buka Musrenbang RKPD, Isran: Mari Bekerja Cerdas dan Ikhlas

isran noor buka musrenbang
Gubernur Kaltim Isran Noor saat memberikan penghargaan kabupaten-kota terbaik dalam Musrenbang Provinsi Kaltim. (Teguh Prasetyo)

Gubernur Kaltim Isran Noor membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024, di Pendopo Odah Etam, Senin (17/04/2023).

Isran mengajak kepada seluruh pihak bekerja cerdas dan ikhlas dalam mencari solusi inovatif untuk menghadapi tantangan pembangunan.

Seperti contoh, yakni bentuk upaya Kaltim menerapkan pembangunan berwawasan lingkungan, mengurangi emisi karbon, serta secara perlahan melakukan transformasi ekonomi.

Pada forum global yang baru-baru ini dilaksanakan, Gubernur Isran menjadi pembicara bersama dengan gubernur negara lain yang wilayahnya memiliki cakupan hutan yang luas.

“Kaltim adalah wilayah pertama di level Asia Pasifik yang berhasil memperoleh insentif fiskal perdagangan karbon. Emisi karbon berhasil kita kurangi, perolehan insentif kita gunakan untuk membiayai pembangunan,” ungkap Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ini.

Hal ini menjadi bukti keberhasilan bahwa selain berhasil menjaga lingkungan. Dirinya turut menyampaikan, kedepan akan diperoleh pula diversifikasi pendapatan daerah.

Potensi emisi karbon yang dimiliki Kaltim lanjutnya, hingga perhitungan akhir oleh tim World Bank melalui tim Program Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF –CF) sebesar 30 juta ton emisi karbon.

Tak hanya itu, sumber pendapatan daerah lainnya, yaitu Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit akan diterima oleh Pemprov Kaltim.

“Alhamdulillah dari berbagai upaya itu kita juga berhasil melakukan diversifikasi pendapatan daerah dan ada pula sumber pendapatan daerah yang akan kita peroleh. Saya berharap sumber potensi ini menjadi bagian pertimbangan dalam domumen RKPD 2024” sambungnya.

Musrenbang RKPD 2024 mengangkat tema yaitu Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur Wilayah yang Andal untuk Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Dengan menghadirkan pemateri yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI), Kemen PPN / BAPPENAS, dan BAPPEDA Kaltim, serta penyampaian saran dan usulan dari tiap pemerintah kabupaten / kota juga penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Kaltim Tahun 2024.

Forum ini turut dirangkai dengan Penyerahan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota Tahun 2023.

Yang mana untuk kategori Kota diperoleh oleh Terbaik I yakni Kota Balikpapan, Terbaik II diperoleh Kota Samarinda, dan Terbaik III diraih Kota Bontang.

Adapun untuk kategori Kabupaten diperoleh Terbaik I yakni Kabupaten Berau, Terbaik II yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Terbaik III yang dicapai oleh Kabupaten Paser. (nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top