LOKAL+

Dari Rakor SPBE 2023, Sekda: OPD Harus Komitmen Bangun Digital Leadership

Mendukung pemerintahan yang baik dan berorientasi digitalisasi  atau melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), maka diperlukan kepemimpinan digital atau komitmen digital leadership. 

Kenapa demikian, karena kepemimpinan digital  akan menyajikan pemerintahan digital yang terbuka dan terintegrasi. 

“Outputnya adalah pelayanan publik yang efektif, mendukung SPBE atau e-government. Karena itu, kepala OPD diminta komitmen bangun digital leadership,” pesan Sekda Provinsi Kaltim ketika membuka dan sebagai keynote speaker Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2023 se-Kaltim di Ballroom Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kamis (5/10/2023).

Jadi, kepemimpinan digital ini esensinya adalah punya visi digital, komitmen dan mampu memainkan fungsi kepemimpinan digital itu sendiri. 

Selanjutnya, agar kepemimpinan digital itu mampu melaksanakan program dari SPBE. Maka kepemimpinan digital esensinya mampu memiliki bank masalah. 

“Jadi, wajib bagi Kepala OPD harus mampu mengetahui kondisi website yang dimiliki. Apakah yang sudah di-update,” pesannya. 

Selanjutnya, kepada kepala OPD dengan kepemimpinan digital diperlukan komunikatif dan memikirkan manajemen risiko. Untuk melaksanakan fungsinya, diperlukan komunikasi, advokasi dan membangun budaya digital. 

“Tentu ini diharapkan bukan hanya sekadar sampai di rakor saja. Tetapi, dapat langsung diimplementasikan di masing-masing OPD maupun seluruh Diskominfo se-Kaltim,” jelasnya. “Selanjutnya, terpenting dalam kesempatan ini dapat diketahui, bahwa tahun ini arah reformasi birokrasi atau RB kita fokus ke tematik. Yakni, diarahkan kepada penurunan kemiskinan, investasi, penggunaan produk dalam negeri dan digitalisasi layanan pemerintahan,” jelasnya. 

Hadir Kepala Dinas Kominfo Kaltim HM Faisal, Asisten III Pemkab Berau Hj Maulidiyah.  Narasumber dihadirkan adalah akademisi Universitas Telkom Sony Fajar Surya dan CEO Inixindo Yogyakarta Andi Yuniantoro.

Rakor dirangkai dengan FGD yang digelar di Kepulauan Derawan, sejak Kamis-Jumat 5-6 Oktober 2023 dimoderatori Bambang Kukilo. (nus)

Comments

POPULER

To Top