LOKAL+

Hardiknas 2023 dalam Bingkai Semangat Merdeka Belajar

hardiknas 2023 semangat merdeka belajar
Hadi Mulyadi secara simbolis menyerahkan bantuan kendaraan operasional sekolah serta penyerahan SK Penugasan guru sebagai kepala sekolah SMA, SMK, dan SLB.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi memimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2023 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar menjadi tema utama pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini.

Dalam amanat sebagai inspektur upacara, Hadi Mulyadi mengatakan, kurikulum Merdeka Belajar telah membawa peserta didik semakin dekat dengan cita-cita luhur Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” kata Hadi membacakan sambutan Mendikbud RI, dalam Upacara Peringatan Hardiknas di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/5/2023) pagi.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Selain itu, mekanisme dana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Transformasi yang masif ini, lanjut Hadi, sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tutupnya seraya mengajak.

Upacara juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan kendaraan operasional sekolah. Serta penyerahan SK Penugasan guru sebagai kepala sekolah SMA, SMK, dan SLB.

Hadir dalam upacara Hardiknas 2023, perwakilan siswa SD, SMP, SMA/SMK dan mahasiswa, kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Kaltim, serta unsur Forkopimda. (krv/pt/DiskominfoKaltim/nus)

Ikuti berita lainnya di Google News

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top