LOKAL+

Informasi Harus Disampaikan dengan Cara yang Kreatif

informasi harus disampaikan dengan cara kreatif
Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal saat memaparkan pentingnya konten yang menarik agar informasi mudah diterima.

Menyampaikan sebuah informasi perlu cara yang tepat agar pesan dapat diterima dengan baik. Di era digital ini, konten yang kreatif menjadi salah satu cara ampuh.

Hal ini ditekankan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim) Muhammad Faisal.  Saat memberikan materi dengan tema Pengelolaan Media Sosial Melalui Optimalisasi Ide Konten yang Kreatif dan Komunikatif dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengolahan, Penyajian, Pemanfaatan Data dan Informasi Perizinan – Non Perizinan Kabupaten/kota se Kalimantan Timur.

Faisal menjelaskan, penyebaran arus informasi begitu cepat dan masif di hampir semua platform digital, terutama media sosial.

“Instansi pemerintahan sebagai corong informasi resmi bagi masyarakat, harus mampu menyajikan konten kreatif. Agar masyarakat dapat dengan mudah menerima dan menyerap informasi yang disampaikan,” sebutnya.

Saat ini, Faisal melanjutkan, tingkat penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 78,19 persen. Kata lain, sebanyak 215 juta penduduk Indonesia yang terkoneksi internet dari total populasi sebesar 275 juta.

“Dari jumlah sebanyak itu, tidak ada lagi alasan kita tidak digital. Harus digital dalam menyampaikan informasi. Karena digitalisasi semakin cepat beradaptasi dengan manusia di semua usia dan strata, sudah eranya saat ini sistematis dan terukur, dan menembus batas wilayah tanpa batas global,” terang Faisal di hadapan para peserta FGD yang digelar oleh DPMPTSP Kaltim, Kamis (15/6/2023).

Menurutnya, penyajian konten kreatif melalui media sosial memiliki banyak manfaat bagi pemerintah. Pertama, dapat menjadi media komunikasi diseminasi dan engagement. Kedua, sebagai media promosi dan publikasi, memberikan feedback dan analisa demografi, serta branding instansi.

“Terlebih DPMPTSP bergerak di bidang investasi. Sampaikanlah informasi angka-angka itu dengan menarik. Salah satunya, melalui infografis. Itu adalah cara paling efisien untuk menyajikan data dan informasi dalam format yang lebih mudah dicerna,” terang Faisal yang telah lama berkutat di dunia kehumasan.

Fungsi infografis dimaksudkan untuk menyajikan informasi kompleks menjadi lebih sederhana sehingga mudah dipahami pembaca.

Tips untuk membuat infografis yang menarik adalah dengan melakukan riset data dan sumber informasi, menentukan audiens, lalu mendesain dan memvisualisasikan data dengan template infografis yang menarik.

“Setelah itu, lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala perkembangan konten kreatif kita di platform digital. Cek traffic website dan medsos, pahami selera followers dan lihat sejauh mana kekuatan konten kita,” pungkasnya. (KRV/pt/Diskominfo Kaltim/nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top