LOKAL+

Ingatkan Keamanan Data, Kadiskominfo Minta Lakukan Langkah Antisipasi

Diskominfo gencarkan literasi digital
Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal. (dok)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammd Faisal meminta perlindungan data dan informasi menjelang cuti bersama libur Lebaran.

Kata Faisal, hal ini perlu dilakukan demi menjaga keamanan data dari serangan siber selama cuti bersama.

Ia meminta Langkah antisipasi ini dilakukan petugas keamanan informasi di semua perangkat daerah juga kabupaten/kota.

“Karena namanya serangan siber itu tidak mengenal tempat dan waktu. Kapan pun bisa terjadi baik itu waktu kerja atau tidak,” ujar Faisal di ruang kerjanya, Selasa (18/4/2023).

Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti mengaktifkan fitur Multi Factor Authentification (MFA) untuk aplikasi yang digunakan.

MFA adalah proses masuk akun multilangkah yang mengharuskan pengguna memasukkan lebih banyak informasi daripada sekadar kata sandi. 

“Jadi setidaknya adanya beberapa langkah tersebut dapat memberikan waktu ketika melakukan upaya serangan. Dan memberikan peringatan bagi petugas untuk melakukan pembenahan,” kata Faisal.

Selain pengamanan, petugas keamanan informasi juga diminta melakukan pencadangan data.

“Idealnya ketentuan backup itu 3-2-1. Maksudnya membuat 3 salinan, 1 di dalam perangkat komputer, 2 dalam bentuk beckup di media penyimpanan lain yang berbeda,” tambahnya.

Beberapa hal lain, imbuhnya, yang walaupun dianggap sepele tapi sangat penting diantaranya memastikan komputer dalam kondisi terkunci dengan benar.

Seain itu, mengganti kata kunci akun aplikasi sebelum libur juga bisa dilakukan. Kata kunci ini setidaknya harus diketahui oleh satu pejabat berwenang berstatus Aparatur Negeri Sipil (ASN). Sehingga ketika terjadi peristiwa tidak diinginkan tidak menimbulkan masalah baru.

“Memang idealnya tidak membagikan password yang dibuat kepada orang lain. Tapi sebagai upaya antisipasi, maka setidaknya pejabat berwenang berstauts ASN harus mengetahuinya,” imbuh Faisal. (nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top