LOKAL+

Isran Noor Pimpin Gerakan Tanam Padi Seribu Hektare

isran noor tanam padi
Gubernur Kaltim saat simbolis menanam padi dalam Gerakan Tanam Padi Seribu Hektare di Kelurahan Bukit Biru, Kutai Kartanegara.

Gubernur Kaltim Isran Noor memimpin gerakan tanam padi seribu hektare Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur yang dipusatkan di Kelurahan Bukit Biru, Kabupeten Kutai Kertanegara, Senin (3/7/2023).

Isran Noor mengatakan, gerakan ini menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan Indonesia terkena pengaruh el nino.

Cuaca panas ini diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang memasuki puncaknya pada Agustus.

Oleh sebab itu di seluruh provinsi, kabupaten dan kota diminta untuk mengantisipasi.

“Untuk itu kita lakukan penanaman seribu hektare per kabupaten dan kota yang memiliki potensi area penanaman padi,” tutur Isran, usai melakukan penanaman simbolis.

Plh Kepala Dinas Pangan TPH Provinsi Kaltim Rini Susilawati menyampaikan, kegiatan gerakan tanam seribu hektare per kabupaten diharapkan lebih luas lagi, tidak hanya seribu hektare saja.

Rini menjelaskan, komoditi yang ditanam pun tidak hanya padi saja. Tapi juga jagung dan komoditas lainnya.

“Yang jelas untuk sumber karbohidrat. Karena kita juga ingin produksi pangan lokal di giatkan kembali,” terangnya.

Dia menyebut, adanya dampak iklim yang disebabkan el nino yang diperkirakan terjadi tahun ini bisa dikatakan cobaan juga bisa menjadi anugerah.

“Karena lahan kita kan, lahan tadah hujan. Jadi kemungkinan besar kita masih bisa menggelar panen raya dengan jenis padi varietas Mekongga. Untuk itu kita harapkan kepada petani dan kelompok tani untuk berlomba-lomba kejar tanam dalam menjaga ketersediaan produksi tanaman padi khususnya di wilayah Kaltim,” harap Rini.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah melalui Asisten II Pemkab Kukar, Wiyono menambahkan, bahwa capaian produktivitas padi di Kabupaten Kukar pada 2022 sebanyak 106.117, 23 ton gabah kering giling. Jika dikonversi menjadi beras sebanyak 61.725, 02 ton. Capaian sebanyak ini diperoleh dari lahan seluas 26.444,70 hektare di Kabupaten Kukar. (nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top