LOKAL+

Kaltim Berpotensi Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2024

MTQ Nasional Kaltim

Provinsi Kaltim berpotensi menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2024. Lebih cepat dari rencana usulan awal jadi tuan rumah MTQ Nasional pada 2026.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni. Dalam penutupan Seleksi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) VII Korps Pegawai Negeri (KORPRI) Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2023, Kamis malam (16/3/2023) di Hotel Jatra Balikpapan.

“Mungkin sudah pernah mendengar beberapa waktu lalu, kami bersama Kakanwil Agama Samarinda, dengan Asisten I, dan Biro Kesejahteraan Rakyat, kami menghadap Dirjen untuk mengusulkan di tahun 2026 itu adalah 50 tahun, dari waktu pertama kali Kaltim menjadi tuan rumah MTQ Nasional,” ungkapnya.

Hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN), terkait MTQ diusulkan di tahun 2026 untuk Provinsi Kaltim menjadi alasan tuan rumah MTQ Nasional.

Menurutnya, alangkah indahnya 50 tahun kemudian ketika IKN di tahun 2026 itu sudah semakin terasa di Kaltim, sehingga Benua Etam memberanikan diri mengajukan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional.

Akan tetapi, baru-baru ini Kementerian Agama membuka komunikasi. Mengajukan Kaltim sebagai tuan rumah MTQ Nasional 2024. Yang sejak awal direncanakan akan dilangsungkan di Makassar atau Aceh.

“Tapi baru-baru ini kita mendapatkan respon lebih cepat, jadi kalau MTQ Nasional ini dua tahun sekali harusnya 2024 itu antara Makassar dan Aceh, tapi Kaltim mendapatkan tawaran untuk menjadi tuan rumah untuk MTQ tahun 2024, tentu ini satu sisi merupakan informasi yang baik,” ujarnya.

Jika tahun depan Kaltim diberikan mandat untuk menjadi tuan rumah MTQ, maka target untuk menjadi juara umum itu mungkin target yang kedua, target utama adalah sukses penyelenggaraannya.

“Karena orang akan datang dan melihat bagaimana wilayah disekitar IKN menyelenggarakan event nasional. Dan ini tentu akan menjadi sejarah karena tahun 2024, mudah-mudahan diperhelatan MTQ Nasional kita dari Korpri juga bisa berkontribusi,” harapnya.

Karena adanya informasi ini, menurut Sekda, Kaltim siap menjadi tuan rumah sebagaimana arahan dari Gubernur.

“Kita akan fix kan lagi setelah mendapat keputusan resmi dari pusat, kita tentu akan menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2024,” ungkapnya.

“Kaltim tahun ini APBD-nya Rp17, 2 Triliun, kita berharap penyelenggaram MTQ semakin baik, semakin berkualiats, semakin dikenal. Kita gunakan dana dari APBD ini untuk kegiatan penyiapan MTQ,”

“Mudah-mudahan ini menjadi hal yang baik bahwa APBD kita juga digunakan untuk kemaslahatan, untuk menyuarakan menggaungkan Qur’an secara lebih baik,” harapnya. (red)

Comments

POPULER

To Top