LOKAL+

Pelesat Ekonomi Kaltim Masa Depan: Parekraf dan SDM Unggul

guru penggerak kaltim
Legislator asal Kaltim, Hetifah Sjaifudian, saat ditemui awak media. (Sigit/ Kaltim Faktual)

Ekonomi Kaltim yang bergantung pada eksploitasi sumber daya alam seperti tambang, migas, harus mengembangkan sektor alternatif.

Pariwisata dan ekonomi kreatif (parekrfaf) adalah dua sektor solusi yang harus mendapat perhatian.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian, menyampaikan hal tersebut usai upacara peringatan HUT Ke-66 Pemprov Kaltim di Kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja, Senin, 9 Januari 2023.

Kata Hetifah, bangkitnya ekonomi kreatif dalam sektor dunia wisata harus menjadi titik balik.

“Sekarang sudah ada alternatif ekonomi lain melalui sektor pariwisata. Sebagai contoh dengan adanya IKN, jumlah tamu di hotel-hotel sudah meningkat signifikan. Walaupun sebelumnya hampir lenyap karena hantaman Covid-19,” papar wakil ketua Komisi X DPR RI itu.

Pernyataan Hetifah ini bukan tanpa alasan. Apalagi status PPKM kini sudah dicabut dan bisa jadi momentum baik bagi ekonomi Kaltim.

“Jadi, harus cepat dan tanggap dalam melihat momen ini untuk meningkatkan ekonomi dalam hal pariwisata agar dapat bangkit menjadi lebih kuat,” pesannya.

Namun, Hetifah juga memuji pencapaian di pelbagai sektor. Meski juga memiliki banyak sekali catatan untuk dibenahi, demi menyongsong visi Kaltim Berdaulat.

“Dalam usia ke-66 tahun ini, semoga Kaltim semakin matang dan dapat mengembangkan potensi yang ada. Sebuah momentum di masa ini, untuk dapat menangkap peluang, mengingat IKN sudah resmi di wilayah Kaltim,” jelasnya.

PENDIDIKAN JADI PONDASI

Hal yang tak kalah penting dan menjadi pondasi adalah kualitas sumber daya manusia.

Meningkatnya Angka Partisipasi Murni (APM) dan juga rata-rata lama sekolah bagi siswa dari tahun ke tahun selalu menjadi catatan prestasi.

Namun dengan adanya IKN Nusantara, kata Hetifah, proses percepatan dari segala sektor menjadi fokus pemerintah pusat maupun daerah.

Nah, Kaltim harus dapat menciptakan dan menyalurkan sumber daya manusia unggul, berkompeten, hingga berdedikasi bagi Bumi Etam nantinya.

“Pendidikan menjadi hal utama agar proses perkembangan suatu daerah menjadi lebih baik.”

Hetifah bilang, Kaltim harus memiliki Manpower Planning dan Education. Agar menjadi kunci keberhasilan Kaltim di masa depan. (*/sgt/red1)

Comments

POPULER

To Top