LOKAL+

Waspada, Enam Daerah Alami Hujan Petir dan Angin Kencang

prakiraan cuaca

Enam daerah di Kalimantan Timur diprakirakan mengalami hujan petir disertai angin kencang pada Jumat (15/9/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan meminta semua pihak waspada terhadap dampaknya.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid mengatakan, dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor.

Idham Chalid bilang, prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait. Termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat,” katanya.

BMKG memprakirakan empat daerah, yakni Kota Bontang, Balikpapan, Kabupaten Paser, dan Penajam Paser Utara (PPU) hanya mengalami hujan ringan hingga sedang.

Sedangkan daerah yang mengalami hujan petir tersebut antara lain Kota Samarinda terjadi pada Jumat pukul 11.00 Wita di empat kecamatan yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang.

Sebagian kecamatan lainnya hujan ringan mulai pukul 11.00 Wita hingga 23.00 Wita, bahkan pada Sabtu dini hari, semua kecamatan di Samarinda hujan ringan.

Di Kabupaten Berau, hujan petir diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kelay, Pulau Derawan, dan Segah.

Kabupaten Kutai Barat, hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 17.00 Wita di 12 kecamatan, yakni Kecamatan Sendawar, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Tering.

Pada pukul 20.00 Wita hujan ringan diprakirakan di semua kecamatan, pukul 23.00 Wita hujan petir di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, kemudian pada Sabtu dini hari hingga pagi, hujan ringan diprakirakan terjadi di hampir semua kecamatan.

Di Kabupaten Kutai Timur, hujan petir diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan Telen. (nus)

Comments

POPULER

To Top