POLITIK+

KPU Kaltim Optimis Partisipasi Pemilih Meningkat pada Pilkada Serentak 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) optimis bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kaltim November 2024 akan meningkat.

Upaya ini didukung oleh sosialisasi yang masif dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk Humas di lingkup Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal, Forkopimda, BUMN/BUMD dan lembaga-lembaga lainnya untuk menggaungkan pesta demokrasi rakyat ini.

“Ini menjadi fokus utama KPU dalam menyukseskan Pilkada serentak di Kaltim. Kami tidak bisa sendiri, peran para Humas di Kaltim sangat dibutuhkan untuk menyebarluaskan informasi lebih lagi” ujar Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris, hari Selasa (21/05/2024) saat menjadi narasumber dalam kegiatan Forum BAKOHUMAS se-Kaltim.

Dirinya turut menjelaskan bahwa partisipasi pemilih pada pemilihan presiden 2024 mencapai sekitar 79,82 persen, pemilihan DPR RI sebesar 79,18 persen, pemilihan DPD RI sebanyak 79,18 persen, dan pemilihan DPRD provinsi sebesar 79 persen. Angka-angka tersebut menjadi tolok ukur untuk meningkatkan partisipasi di Pilkada 2024.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan akademisi, media hingga masyarakat untuk menyebarkan informasi kepemiluan. Penguatan badan Ad Hoc, mulai dari PPK hingga PPS, juga menjadi fokus utama.

Dengan semangat dan optimisme yang tinggi, KPU Kaltim berharap upaya masif dalam sosialisasi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat akan membuahkan hasil yang positif pada Pilkada Kaltim 2024.

Melalui sinergi antara pemerintah, akademisi, media, dan masyarakat, diharapkan partisipasi pemilih dapat meningkat secara signifikan, melampaui capaian pemilu sebelumnya. Dengan demikian, Pilkada Kaltim 2024 dapat menjadi pesta demokrasi yang semakin inklusif dan meriah, mencerminkan aspirasi seluruh warga Kaltim. (cpy/pt/red)

Comments

POPULER

To Top