POLITIK+

PKB Kaltim Buka Pendaftaran Calon Gubernur dan Bupati

Ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin setelah acara buka bersama dengan wartawan. (KF)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Timur (Kaltim) mulai membuka loket pendaftaran bagi calon gubernur, bupati, wali kota, dan para wakilnya.

Ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin, menjelaskan proses pendaftaran untuk calon kepala daerah menjelang pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Pendaftaran ini akan dibuka pada bulan Mei dari tanggal 1-20 2024 untuk pendaftaran kepala daerah. Terus, bulan juni itu ada namanya musyawarah kebangkitan. Itu mengundang seluruh kandidat untuk kita lihat track recordnya,” jelas Syafruddin pada tanggal 31 Maret 2024.

Setelah selesai rangkaian pendaftaran, ia akan mengantarkan berkas di bukan juni kepada DPP PKB. Lalu, pada awal bulan Agustus PKB akan mengurus rekomendasi kepala daerah yang akan di dukung oleh DPW PKB.

Syafrudin juga menjelaskan, ia akan membuka pendaftaran di 10 DPC pada kabupaten/kota yang akan ada ketua desc pilkada masing-masing. Ia juga menyatakan untuk di dukung oleh PKB harus memiliki syarat yang sesuai.

“Jadi pendaftaran boleh langsung ke DPC setempat, boleh juga langsung ke provinsi di DPW. Mudah-mudahan semua tercover di DPC. Itu untuk mekanisme sementara sambil menunggu arahan DPP,” ujarnya

“Kalau syarat, sepnjang memiliki platform perjuangan dengan PKB sama, misi perjuangannya sama dengan PKB. Insyallah, itu yang akan kita usung,” sambungnya.

Ketua Panitia desc Pilkada, Ali Endasi mengungkapkan bahwa PKB saat ini masih berfokus di DPRD. Jadi, PKB masih belum siap untuk maju di pilgub Kaltim.

“Tapi kalo mikirin hati rakyat ya siap aja. Sampai hari ini, DPW belum ada kader atau figur yang akan disiapkan khusus. Tapi kalau dinamikanya itu dibutuhkan kami siap,” tegasnya.

DPW PKB Kaltim memiliki beberapa calon yang dapat diusung dalam Pilkada serentak. Beberapa nama yang disebutkan antara lain Basri Rase (Wali Kota Bontang), Dr. Fahmi (Bupati Paser), Sutomo Jabir (Anggota DPRD Kaltim), dan Syafruddin sendiri.

“Kita liat juga siapa yang ngajak gitu kan. Yang pasti, ya kita akan pertinmbangkan. Siapapun yang ngajak koalisi dengan PKB, akan kita pertimbangkan dan stok kadernya kami juga sudah siap” tutupnya. (gg/kf/red)

Comments

POPULER

To Top