LOKAL+

Tekan Angka Golput, Badan Kesbangpol Kaltim Sosialisasi Pendidikan Politik ke Pelajar

Foto bersama sosialisasi pendidikan politik pada pemilih pemula kalangan pelajar garapan Badan Kesbangpol Kaltim. (Foto: Diskominfo Kaltim)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula, di Hotel Midtown, Rabu (21/9/2022). Tujuannya untuk menekan angka golput.

Peserta sosialisasi ini adalah pelajar yang merupakan perwakilan dari beberapa sekolah. Mereka yang sudah terdaftar sebagai pemilih pemula ini mendapatkan pembekalan. Lantaran pada usia 17 tahun ini pemilih pemula dianggap rentan.

Kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kaltim Ahmad Firdaus Kurniawan, pemilih pemula merupakan salah satu segmen yang bisa digandeng partai politik. Pasalnya menurut perhitungan, para pemilih pemula ini akan lebih banyak di dua tahun mendatang yang menjadi pemilih pemilu.

“Ini konsep kami di Kesbangpol, bagaimana bisa memberikan pendidikan dan bekal kepada pemilih pemula. Agar tidak salah dalam mengambil langkah dalam kehidupan berdemokrasi,” terangnya.

Firdaus menyebut, sosialisasi ini bertujuan memberikan pendidikan pada kaum muda. Berkaitan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. Menumbuhan kesadaran dan pemahaman kaum muda akan pelaksanaan pemilu 2024.

Kemudian meningkatkan pengetahuan khususnya hidang politik, sehingga dapat optimal berpartisipasi menjelang pemilu 2024. “Semoga tingkat partisipasi pemilih pemula dapat meningkat kedepannya,” harapnya. (***)

Comments

POPULER

To Top