SOROTAN+

Agustus Tahun Depan, 4 Gedung Kemenko di IKN Nusantara Mulai Digunakan

IKN NUSANTARA
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur. (Foto: Biro Setpres)

Empat gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat digunakan secara bertahap pada Agustus 2024.

Hal itu diungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

“Ya, Agustus 2024, gedung-gedung Kemenko di IKN dapat digunakan secara bertahap,” ujar Diana Kusumastuti, Sabtu (9/9/2023).

Diana mengatakan, pembangunan empat gedung Kemenko tersebut sepenuhnya selesai pada 2024. Pembangunan empat gedung Kemenko tersebut menerapkan prinsip-prinsip Bangunan Gedung Hijau dan Bangunan Gedung Cerdas.

Yakni seperti efisiensi energi dan air, penggunaan material ramah lingkungan sampai dengan pengelolaan air limbah dan sampah secara efektif dan efisien.

Lalu, sistem bangunan pintar yang terkoneksi internet dan standardisasi sistem penguncian cerdas.

Pembangunan gedung Kemenko merupakan sarana utama yang merupakan infrastruktur dasar yang dibangun oleh Kementerian PUPR.

Sebagai sarana utama, empat gedung Kemenko tersebut harus selesai pada tahun depan dalam rangka mendukung pemindahan awal ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Pada 2022 – 2024 merupakan periode pemindahan tahap awal ibu kota negara, termasuk ASN ke IKN Nusantara.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

IKN Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022.

Terletak di pesisir timur Pulau Kalimantan, luas wilayah Nusantara hampir empat kali Jakarta, yaitu kurang lebih 256.142 hektare dan wilayah laut seluas 68.189 hektare.

IKN Nusantara mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara. (nus)

Comments

POPULER

To Top