SOROTAN+

Kemenhub Buka Posko Angkutan Laut Lebaran 2023

Posko Angkutan Lebaran

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 (1444 H).

Plh Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan pentingnya menjaga keselamatan dan kelancaran angkutan laut dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023.

Ia mengatakan, setiap tahunnya, jumlah penumpang yang menggunakan transportasi laut meningkat secara signifikan. Terutama di daerah kepulauan yang hanya memiliki sarana transportasi laut sebagai pilihan utama.

“Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat pada saat musim mudik Lebaran,” ujar Capt. Antoni saat memimpin apel yang berlangsung di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Namun, dia juga menekankan bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya.

Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang, dan kru kapal.

“Seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan stakeholder terkait lainnya diminta untuk mempersiapkan Angkutan Laut Lebaran 2023 dengan memastikan keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan,” tegas Capt. Antoni.

Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, Ditjen Hubla telah menyiapkan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran sebagai pusat koordinasi dan pengawasan selama musim Angkutan Lebaran tahun ini.

Posko ini dimulai pada 7 April – 8 Mei dan akan beroperasi selama 24 jam untuk memantau kondisi keamanan dan keselamatan pelayaran laut pada periode mudik dan balik Lebaran.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memilih angkutan laut yang aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan mudik pada musim Lebaran tahun ini,” ujarnya. (ip)

Comments

POPULER

To Top