SOROTAN+

Presiden Jokowi Lakukan Pengisian Awal Bendungan Sepaku-Semoi

bendungan sepaku-semoi
Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi lokasi pembangunan IKN dan melakukan simbolis pengisian awal Bendungan Sepaku-Semoi.

Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mulai diisi. Presiden Joko Widodo melakukan pengisian awal atau impounding saat mengunjungi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (21/09/2023).

Turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi.

Tindakan simbolis ini merupakan tonggak bersejarah bagi Indonesia, di mana Presiden Jokowi secara langsung memutar tuas untuk mengendalikan aliran air di bendungan tersebut.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bob Arthur Lombogia menjelaskan bahwa saat ini progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 97 persen.

Pengisian awal, lanjutnya sudah dapat dilakukan karena bendungan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan.

“Bendungan ini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pengisian awal sehingga, Pak Presiden datang ke sini untuk melakukan pengisian awal Bendungan Sepaku Semoi,” ujarnya saat ditemui selepas peninjauan.

Adapun Bendungan Sepaku Semoi memiliki kapasitas 2 ribu liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik dialokasikan untuk Balikpapan. Bendungan tersebut dibangun untuk melayani pemenuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

Di samping itu, lanjutnya Bendungan Sepaku Semoi juga akan berfungsi sebagai pengendali banjir, utamanya di daerah hilir.

“Di daerah hilir ada kadang-kadang terjadi banjir sehingga bendungan ini nantinya akan berfungsi selain untuk air baku sekaligus berfungsi untuk pengendalian banjir,” ujar Bob. (tp/pt/nus)

Comments

POPULER

To Top