EKONOMI+

Bensin Mahal, Ini 8 Tips Agar Mobilmu Hemat BBM

mobil bbm

Harga BBM subsidi meroket tajam. Pemilik kendaraan, terutama roda 4. Harus pandai mengatur mobilnya agar tidak boros bahan bakar. Simak 8 tips mudah ini, agar kantung tidak jebol.

Per 3 September 2022. Harga Pertalite naik menjadi Rp 10.000, sedangkan Solar Rp 6.800. Selisih harga kenaikan BBM ini, jelas sangat terasa di kantung. Terutama buat pemilik kendaraan roda 4.

Maka, para pemilik kendaraan mau tidak mau harus menerapkan strategi menghemat BBM. Berikut 8 tips membuat mobil hemat BBM versi Auto2000.

Memanaskan Mesin

Mulai sekarang, sediakan waktu untuk memanaskan mobil sebelum digunakan. Walau terkesan sepele, tapi kegiatan ini sangat penting untuk membuat putaran mesin menjadi stabil hingga 3.000 RPM. Kalau putaran mesin tidak stabil, dapat dipastikan mobil mengonsumsi BBM yang cukup besar.

Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Bagi pengendara mobil yang masih suka asal tancap gas. Mulai kurang-kurangi deh kebiasaan itu. karena menginjak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba. Maka sedotan BBM semakin kencang pula. Jadi, naikkan kecepatan mobil secara perlahan dan bertahap. Sabar adalah kunci.

Mempertahankan Kecepatan

Memastikan kecepatan mobil stabil dan konsisten. Bisa membuat kendaraan hemat BBM. Karena jika mobil kadung dipacu laju, lalu mengerem tiba-tiba. Akan membuat konsumsi BBM lebih banyak. Apalagi, setelah melambat secara drastis, langsung digas tinggi. Tambah boros lagi.

Penggunaan AC

Penggunaan AC berdampak pada semakin borosnya BBM. Semua tahu itu. Namun bukan berarti pengendara mobil harus mematikan AC demi berhemat. Caranya cukup menggunakan pendingin udara secara bijak.

Sesuaikan dengan keperluan, jika mengendara sendiri misalnya. Cukup menyalakan AC di sekitar kemudi. Tidak perlu menyalakan semua. Agar tetap dingin walau penggunaan AC minim, arahkan ventilasi AC ke arah orang.

Matikan Mesin saat Berhenti

Walau tidak jalan, mobil tetap akan menyedot BBM jika mesin menyala. Maka, jika sekiranya berhenti 20-30 menit. Mending matikan mesin saja.

Kurangi Penggunaan Kendaraan untuk Jarak Dekat

Menggunakan kendaraan untuk perjalanan jarak dekat dapat membuat konsumsi bensin tidak efisien. Catalytic converter baru beroperasi sempurna saat perjalanan lebih dari 5 kilometer.

Menggunakan Gigi yang Tepat

Gigi persneling di mobil harus digunakan sesuai laju kecepatan. Supaya mesin mobil bekerja sesuai fungsinya. Penggunaan gigi yang tepat juga akan membuat konsumsi BBM menjadi efisien.

Contohnya, penggunaan gigi 4-5 di jalan menanjak akan mengakibatkan konsumsi BBM boros. Tips ini tentu berlaku juga untuk mobil matic ya.

Mengecek Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara dari debu dan kotoran. Supaya proses pembakaran berjalan lancar. Jika filter udara terlalu kotor. Maka mesin mobil akan bekerja lebih keras untuk menarik udara bersih dari luar untuk pembakaran. Hal tersebut akan menyebabkan konsumsi BBM tidak efisien. (AVA)

Comments

POPULER

To Top