EKONOMI+

Diskominfo Kaltim Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Terapkan Digitalisasi

Salah satu stan ekonomi kreatif Kaltim. (Foto: Diskominfo Kaltim)

Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Kaltim mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk menerapkan digitalisasi dalam usaha mereka. Untuk menjawab beberapa kendala pengembangan produk ekonomi kreatif masih masih berkutat pada persoalan klasik yaitu dana dan pemasaran.

Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal dalam gelar wicara Gekrafs Corner garapan DPW Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekrafs) Kaltim, di mall City Centum Samarinda mengatakan, persoalan klasik itu sejatinya dapat disiasati dengan meningkatkan kreativitas secara unik.

Selain itu para pelaku ekonomi kreatif di Kaltim perlu mengubah mindset dan orientasi pelaku ekonomi kreatif dengan mentalitas kuat, hilirisasi dan digitalisasi.

“Sesuai namanya kreatif, maka pelaku ekonomi kreatif harus lebih kreatif, ciptakan nilai tambah, perbedaan produk dengan yang lainnya, tumbuhkan keunikan pada produk,” sebut Faisal.

Kata dia, dunia perdagangan saat ini sudah memasuki era hilirisasi dan digitalisasi. Selain kreativitas dan keunikan produk, maka pelaku ekonomi kreatif di Kaltim mesti bisa mengikuti perkembangan zaman dengan mengubah mindset dan orientasi produksi menuju hilirisasi dan digitalisasi.

Dari sisi pemasaran pun, sambungnya, mesti digarap pelaku ekonomi kreatif di Kaltim melalui jualan secara digital. Sampai sistem pembayaran digital juga harus dipenuhi jika ingin terus berkembang sesuai perkembangan dunia digital saat ini. (***)

Comments

POPULER

To Top