EKONOMI+

Disperindagkop dan Tim Gabungan Pantau Harga dan Stok Sembako

dISPERINDAGKOP melakukan pengawasan harga dan stok bapokting
Disperindagkop bersama tim gabungan saat mengecek harga sembako di pasar tradisional dan ritel modern. (Diskominfo)

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan Pengawasan Terpadu di Samarinda dan Balikpapan.

Agendanya untuk mengantisipasi kekurangan stok bahan pokok dan penting (bapokting) menjelang Hari Raya Idulfitri.

Disperindagkop melakukan pengawasan bersama tim gabungan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.  

Pengawasan dilakukan di berbagai ritel modern dan tradisional. Hasilnya, ketersediaan bahan pokok di 12 lokasi dilaporkan cukup. Begitu pun dengan harga yang cenderung stabil.

Tidak ada kenaikan harga yang signifikan kecuali beras yang cenderung di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Harga cabai, bawang merah, dan cabe rawit bahkan cenderung turun dibanding pekan lalu.

Pemantauan dan pengawasan bapokting juga dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim. Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menggelar patroli pasar tradisional pada Jumat, 14 April 2023 lalu.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai saat memimpin kegiatan di Balikpapan mengatakan, patroli pasar ini sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok. Juga mengecek ketersediaan kebutuhan pangan terutama di wilayah Balikpapan menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Karena momen seperti ini, biasa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penimbunan dan menaikan sendiri harga di pasaran,” ujarnya saat memimpin patroli di Pasar Balikpapan Permai.

Satbrimob Polda Kaltim kata Kombes Andy Rifai, akan terus menggelar kegiatan patroli pasar secara acak.

Dan jika dalam pelaksanaan patroli didapati adanya indikasi penimbunan kebutuhan pokok ataupun permainan harga, kepolisian akan melakukan imbauan tahap awal.

Dari hasil patroli Brimob di sejumlah pasar, harga maupun ketersediaan kebutuhan pokok hingga saat ini masih dalam keadaan cukup.

Masyarakat diimbau tidak khawatir soal ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran menjelang Idulfitri tahun ini. (DiskominfoKaltim/nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top