EKONOMI+

Kembangkan Produk Unggulan, Diskop UMKM Kutim Inisiasi Pelatihan Olahan Buah dan Daging

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kembali meluncurkan inisiatif untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Mereka mengadakan pelatihan khusus untuk membantu para pelaku UMKM pemula dalam mengolah bahan baku buah dan daging menjadi produk unggulan lokal berkualitas. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Darsafani, pada hari Senin (27/11/2023) lalu.

Sebanyak 60 peserta dari berbagai kecamatan, seperti Muara Bengkal, Muara Ancalong, Busang, dan Batu Ampar, turut berpartisipasi dalam program ini. Para peserta akan mendapatkan pelatihan dan keterampilan praktis dalam mengolah buah dan daging menjadi produk jadi yang sesuai dengan standar pemasaran.

Dalam kesempatan tersebut, Darsafani menyatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menggali potensi UMKM pemula dan memberdayakan masyarakat rumah tangga dalam menciptakan produk unggulan lokal.

“Saya berharap pelatihan ini dapat membantu UMKM di Kutim meraih kesuksesan dan berkembang menjadi usaha yang lebih besar,” jelasnya.

Kemudian ini juga menjadi langkah bukti konkrit bentuk dukungan pemerintah daerah kepada UMKM.

“Kegiatan serupa semoga dapat dilanjutkan di masa depan, termasuk pelatihan pemasaran online, pengemasan, dan keuangan atau akuntansi. Inisiatif ini sangat diapresiasi oleh masyarakat dan UMKM di Kutim, dan saya yakin pelaku UMKM pemula akan mampu menciptakan produk unggulan berkualitas yang dapat bersaing dan mengangkat nama daerah hingga tingkat nasional,” tegasnya.

Untuk itu, ditambahkan Darsafani, inisiatif ini juga menunjukkan komitmen dari Dinas Koperasi dan UMKM Kutim dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM. Diharapkan pelatihan ini dapat membantu UMKM pemula di Kutim tumbuh menjadi usaha yang lebih profesional dan sukses.(Adv/nus)

ADVERTORIAL DISKOMINFO PERSTIK KUTAI TIMUR

Comments

POPULER

To Top