EKONOMI+

Kendalikan Inflasi, TPID Kaltim Harus Sering Turun ke Lapangan

Pj gubernur Kaltim Akmal Malik beserta jajaran saat meninjau gudang sembako dalam rangka pengendalian inflasi di Kaltim. (Adpim)

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kaltim diminta lebih sering turun ke lapangan. Guna sukses mengendalikan inflasi di Benua Etam. Yang menjadi fokus program Pemprov sesuai arahan pemerintah pusat saat ini.

Seruan tersebut disampaikan oleh Pj Gubernur Akmal Malik. Ia menegaskan, bahwa hal itu merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo. Bagaimana seluruh kepala daerah dapat mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar.  

“TPID provinsi  maupun kabupaten kota harus sering turun ke lapangan untuk mengecek dan   menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok,” pinta Akmal Malik saat memimpin rapat koordinasi secara virtual bersama Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, para asisten  dan pimpinan OPD, Sabtu (4/11/2023). 

Akmal Malik mengungkapkan, Presiden Joko Widodo sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Gubernur Kaltim sebelumnya Isran Noor. Dimana secara umum inflasi Kaltim terkendali.

“Presiden menyampaikan terus lakukan hal-hal baik agar inflasi kita di Kaltim, baik Samarinda maupun daerah lainnya  bisa dikendalikan dengan baik,” kata Akmal.

Diketahui, terakhir Presiden Joko Widodo didampingi mantan Gubernur Kaltim Isran Noor melakukan peninjauan di  Pasar Merdeka Samarinda, September lalu. Saat itu terungkap harga-harga sembako di Samarinda relatif normal dan inflasi terkendali. 

Menurut Akmal, hasil tersebut dapat dilanjutkan. Caranya dengan terus meningkatkan kolaborasi  dan sinergi di antara dinas terkait untuk menjaga  stok dan  kelancaran distribusi kebutuhan pokok. 

Ke depan, sambung Akmal, Kaltim memiliki lahan potensial untuk pengembangan kegiatan pertanian dalam arti luas,  baik pertanian tanaman pangan maupun peternakan.

“Sehingga Kaltim tidak lagi bergantung kepada pasokan pangan  dari luar Kaltim,” tandasnya. (mar/sul/ky/adpimkaltim/red) 

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top