EKONOMI+

Pemprov Kaltim Percepat Pengadaan Barang dan Jasa lewat SIRUP

pEMPROV kALTIM percepat pengadaan barang dan jasa
Perangkat Daerah di Pemprov Kaltim mengikuti sosialisasi pengembangan SIRUP di Balikpapan, Kamis 4 Mei 2023 lalu. (foto: Heri/NiagaAsia)

Pemprov Kaltim mempercepat pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi mengatakan, pengadaan barang dan jasa pemerintah menjadi salah satu komponen penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian.

Hal itu ia sampaikan saat membuka kegiatan sosialisasi pengembangan SIRUP bagi perangkat daerah di Hotel Novotel Balikpapan Jalan Brigjen Ery Suparjan, Kamis (4/5/2023).

Riza mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mewujudkan proses percepatan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Mengingat besarnya ketersediaan anggaran pengadaan barang dan jasa setiap tahunnya.

Ia juga mengapresiasi pihak pengadaan barang dan jasa yang telah bekerja keras.

Sebab pada awal Mei ini tercatat pengadaan barang dan jasa dengan total nilai Rp. 1,8 triliun melalui LPSE, kurang lebih 300 paket selesai ditender dari 500 paket.

Khusus dari pengadaan e-katalog, dari Rp 2,8 triliun dan yang sudah diproses Rp 1,7 triliun. Tercatat masih ada Rp 1,1 triliun lagi.

“Masih 200-san paket lagi yang belum, dan akan diselesaikan secepatnya. Target gubernur sebelum September 2023 ini sudah selesai semua, itu komitmen kita bersama,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Sosialisasi, Sayid Awaludin. Kata dia, sosialisasi ini bertujuan mengenalkan pengembangan aplikasi SIRUP Kaltim terbaru.

SIRUP Kaltim berfungsi dan berperan penting dalam proses perencanaan pengadaan barang dan jasa sebagai media dalam rangka mengumumkan dan menyebarluaskan Informasi rencana umum pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Sayid berharap, dengan pengembangan aplikasi ini dapat lebih mengakomodasi kebutuhan perangkat daerah dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas atau mutu perencanaan barang dan jasa Pemprov Kaltim. (rey/pt/DiskominfoKaltim/nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top