EKONOMI+

Alasan Kemenhub Menghentikan Sementara Uji Coba Operasional LRT Jabodebek

Alasan Kemenhub Menghentikan Sementara Uji Coba Operasional LRT Jabodebek
Uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara oleh Kemenhub. (Dok. IST)

Uji coba operasional terbatas LRT Jabodetabek mendadak dihentikan sementara. Dari jadwal yang telah direncanakan sebelumnya. Kemenhub punya alasan kenapa uji coba itu dihentikan.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memutuskan menghentikan sementara uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dengan undangan baik komunitas maupun masyarakat umum, pada 17-20 Juli 2023.

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat evaluasi penyelenggaraan uji coba terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu, 15 Juli 2023. Hal ini guna memaksimalkan proses penyempurnaan sistem tersebut.

Ya, alasan penghentian itu karena Kemenhub ingin lebih dulu menyempurnakan sistem LRT. Demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa LRT.

“Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Namun, ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software,” jelas Dirjen Perkeretaapian, Risal Wasal pada Senin (17/7/2023).

Maka, atas dihentikannya sementara uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dengan undangan, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan tersebut.

“Semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek,” tutur Risal.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa setelah keseluruhan pembaharuan software selesai, akan dilakukan Trial Run terlebih dahulu sebelum dibuka kembali untuk umum.

“Kami akan lakukan Trial Run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan uji coba operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli,” pungkas Risal. (nus)

Comments

POPULER

To Top